3 Rekomendasi Film tentang Perempuan Inspiratif

3 Rekomendasi Film tentang Perempuan Inspiratif

Happy International Women's Day!

Pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya, seluruh dunia merayakan Hari Perempuan Internasional. Perayaan ini diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1977 sebagai upaya untuk terus memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan kesetaraan dan perdamaian dunia.

Dalam rangka turut memperingati International Women's Day, berikut ini rekomendasi 5 film favorit Team Klamby yang bercerita tentang wanita kuat dan inspiratif.

 

1. Little Women


Berkisah tentang lika-liku kehidupan 4 perempuan bersaudara pada abad ke-19, Little Women menyuguhkan kisah mengharukan seputar keluarga dan perjuangan perempuan di masa itu. Masing-masing tokoh di film ini memiliki mimpinya sendiri, namun sayang, pada masa itu perempuan memiliki pilihan yang terbatas untuk hidupnya.

Diperankan oleh Saoirse Ronan, Florence Pugh, Emma Watson, dan Eliza Scanlen, Little Women cukup menguras air mata namun inspiratif pada saat yang bersamaan. So worth to watch!

 

2. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak

Disutradarai oleh Mouly Surya, film Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak menyabet banyak penghargaan internasional, termasuk gelar 'Film Terbaik' dalam Festival Film Indonesia 2018 dan ditayangkan pertama kali di Cannes Film Festival.

Film ini bercerita tentang Marlina (Marsha Timothy), seorang janda ditinggal mati suaminya, yang di suatu malam didatangi oleh sekawanan perampok. Mereka mengancam nyawa, harta, dan kehormatan Marlina di hadapan jenazah suaminya yang sudah berbentuk mumi. Setelah berhasil melawan perampok tersebut dan memenggal kepala bos perampok, paginya Marlina membawa kepala sang bos untuk dilaporkan ke kantor kepolisian terdekat.

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak benar-benar menunjukkan realita yang dihadapi perempuan di seluruh dunia: tentang bagaimana keadilan dan kesetaraan sulit didapatkan meski bukti pelanggarannya sudah ada di depan mata. Film kebanggaan Indonesia ini wajib kamu tonton segera!

3. Kim Ji-young, Born 1982

Diangkat dari novel berjudul sama karya Cho Nam-ju, film Kim Ji-young, Born 1982 bercerita tentang Ji-young, seorang perempuan yang merasa mulai kehilangan jati dirinya setelah menjadi seorang ibu rumah tangga. Melalui film ini, kita dapat melihat betapa lelahnya menjadi seorang ibu rumah tangga yang selalu dituntut sempurna dalam perannya sebagai ibu, istri, dan menantu sekaligus.

Kim Ji-young, Born 1982 memiliki kisah yang menggelitik dan menggugah, karena pada realitanya, kita dapat melihat bahwa perempuan memang dibebani oleh banyak sekali tuntutan hingga seringkali, mereka tidak bisa menentukan jalan hidupnya sendiri. Meski slogan keseteraan sudah sering digaungkan pada masa ini, namun kisah yang serupa dengan kisah Ji-young masih banyak kita temukan di sekitar kita. Diperankan dengan gemilang oleh Jung Yu Mi dan Gong Yoo, Kim Ji-young, Born 1982 menjadi film yang tidak boleh kamu lewatkan!


You may also like View all